Mau Usaha Tapi Bingung Antara Sewa Ruko atau Membeli Ruko? Ini Baik Buruknya

Mau Usaha Tapi Bingung Antara Sewa Ruko atau Membeli Ruko? Ini Baik Buruknya

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan oleh setiap pemilik usaha saat memutuskan untuk membeli atau harus sewa ruko untuk usaha.

Setelah pemilik bisnis menentukan kebutuhan fasilitasnya saat mencari dan menemukan fasilitas yang tepat, saatnya untuk mengambil keputusan lain mengenai properti bisnis tersebut: Apakah Anda akan membeli atau menyewa properti itu?

Pertanyaan diatas dapat dilihat dari 2 persepektif berbeda:

  • Pemilik properti akan mempertimbangkan penjualan atau penyewaan properti yang dimilikinya.
  • Anda memilih properti bisnis Anda dari berbagai situs properti yang menawarkan properti yang dijual ataupun disewakan saja.

Untuk membantu Anda membuat keputusan ini, Anda perlu membandingkan sisi ekonomis dari menyewa atau membeli properti bisnis Anda.  Hal ini akan memberikan Anda petunjuk langkah mana yang lebih menguntungkan untuk Anda sendiri.

Perbandingan antara menyewa dan membeli properti bisnis secara ekonomi

Keuntungan utama dari penyewaan fasilitas bisnis adalah bahwa pengeluaran awal Anda untuk menyewa sebuah lokasi usaha akan lebih sedikit daripada membelinya langsung. Namun, mungkin keuntungan utama dari pembelian sebuah properti bisnis adalah bahwa Anda akan membayar lebih sedikit dalam jangka panjang daripada yang akan Anda bayarkan jika Anda menyewa fasilitas tersebut.

Bagaimana Anda menentukan pilihan mana yang lebih antara membeli atau menyewa sebuah properti? Salah satu caranya adalah dengan melakukan analisis matematis dari arus kas bersih (net cash flow) bisnis Anda saat Anda menyewa sebuah properti atau membelinya.

Analisis arus kas. Analisis arus kas memberikan perkiraan berapa banyak dana yang Anda perlukan untuk menutupi biaya sewa atau perizinan saat membeli sebuah tempat usaha. Untuk melakukan analisis, Anda perlu mengetahui informasi tertentu, termasuk:

  • Biaya transaksi jual beli, seperti biaya pengurusan surat jual beli
  • Ongkos sewa
  • Biaya pajak
  • Biaya operasional
  • estimasi nilai aset, ketika Anda menjualnya
  • biaya modal Anda
  • biaya lainnya yang akan Anda keluarkan jika Anda menyewa fasilitas tersebut tetapi tidak jika Anda membelinya, atau sebaliknya (misalnya, Anda perlu memperhitungkan biaya pemeliharaan bangunan jika pemilik bangunan memasukkannya kedalam ongkos sewa tempat usaha tersebut)

Dampak jangka panjang. Jika Anda adalah pemilik usaha baru yang sedang mempertimbangkan untuk membeli atau sewa ruko untuk kebutuhan usaha, Anda mungkin cenderung fokus pada manfaat jangka pendek, seperti gambaran cash flow yang dapat dicapai dalam satu tahun.  Hal ini mungkin berguna.  Jadi Anda dapat memiliki gamabaran bahwa jika sebuah usaha tidak berjalan dengan baik pada tahun pertama, mungkin hal tersebut tidak akan memberikan hasil yang baik untuk 10 tahun  kedepan.  Namun, ada baiknya untuk memikirkan bagaimana keputusan Anda untuk menyewa atau membeli sebuah bangunan usaha dapat mempengaruhi bisnis Anda di masa depan.

Fakator faktor yang harus diperhatikan

Faktor apa sajakah yang harus Anda perhatikan sebelum meutuskan untuk membeli atau menyewa tempa t usaha?  Daftar berikut ini, jika sesuai dengan keadaan Anda, dapat membuat Anda memutuskan untuk membeli sebuah tempat usaha daripada menyewanya:

  • And a ingin mendapatkan kontrol penuh terhadap tempat usaha Anda. Mungkin Anda ingin menambahkan sesuatu atau merenovasi bangunan tersebut.  Jika Anda menyewanya, Anda mungkin harus meminta izin pemilik untuk melakukan perubahan pada struktur bangunan.  Namun, jika Anda membelinya, Anda tidak perlu meminta izin lagi jika Anda ingin merubah tampilan tempat usaha Anda.
  • Pikirkan manfaat jangka panjang. Biaya sewa bangunan biasanya sangat mempengaruhi sebuah bisanis di tahun pertama.  Tapi untuk jangka panjang, harga sewa bisa membengkak karena pemilik bangunan harus melakukan perawatan gedung dan juga menambahkan keuntungan finansial untuk sang pemilik.  Hal ini tentunya bisa dihindari jika Anda membeli properti tersebut.

Untuk beberapa jenis usaha, lokasi merupakan hal yang penting dalam meningkatkan penjualan.  Jika Anda mendapatkan lokasi yang strategis, Anda tentu tidak ingin kehilangan tempat tersebut hanya karena harga sewa yang meningkat atau karena pemilik bangunan ingin menggunakannya untuk kepentingan lain.  Jika Anda memiliki tempat usaha tersebut, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah ini.

  • Anda belum menemukan lokasi yang tepat untuk disewa. Anda mungkin ingin menyewa sebuah tempat usaha, tapi justru menemukan banyak lokasi yang dijual sehingga Anda tidak bisa menyewanya.
  • Anda mencari lokasi usaha di area yang harga jualnya terus meningkat pesat. Jika Anda memilih tempat dengan nilai jual yang terus meningkat, alangkah lebih baik jika Anda memiliki sebuah properti usaha di lokasi tersebut.  Dengan membelinya, Anda akan mendapatkan keuntungan jangka panjang jika Anda memutuskan untuk menjualnya kembali.

Sebaliknya, lebih baik bagi Anda untuk menyewa daripada membeli properti usaha Anda karena faktor faktor berikut:

  • Cash flow usaha Anda menjadi hal terpenting. Khususnya di tahu tahu pertama, menyewa sebuah tempat usaha itu lebih baik daripada membeli agar keuangan bisnis Anda tidak terlalu mterganggu.  Hal ini dikarenakan dana yang diperlukan untuk menyewa akan lebih rendah daripada membeli sebuah properti.
  • Anda tidak ingin terlalu memikirkan masalah perawatan gedung. Banyak sekali tempat usaha yang perawatannya ditangani langsung oleh sang pemilik.  Tentunya sewa yang Anda bayar sudah termasuk ongkos perawatan tersebut.
  • Anda tidak ingin terjebak di satu tempat. Mungkin Anda belum yakin tempat yang Anda pilih itu sesuai untuk bisnis Anda beberapa tahun kedepan.
  • Anda belum menemukan properti yang tepat untuk dibeli. Anda mungkin ingin membeli sebuah properti untuk usaha Anda, tapi semua properti yang Anda inginkan hanya menawarkan sewa bangunan saja.
  • Tempat usaha berada di lokasi yang nilai jualnya menurun. Jika Anda menemukan tempat yang berada di area dengan nilai jual yang cenderung stagnan atau bahkan menurun, pilihan terbaik yang Anda lakukan adalah menyewa tempat tersebut.

Keputusan apapun yang Anda pilih nantinya tentunya sesuai dengan keadaan yang Anda hadapi sendiri.  Yang terpenting adalah Anda harus bisa menganalisa keadaan dengan teliti agar Anda tidak terjebak dalam situasi yang justru dapat merugikan Anda kedepannya.

 

yazidku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.