Aneka Jenis Beras dari Berbagai Belahan Dunia

Beras digunakan secara luas dalam masakan asia termasuk di Indonesia, dan beras juga sering kita temui dalam semua jenis hidangan dari seluruh dunia. Biji-bijian yang dapat dimakan ini berasal dari tanaman padi, atau yang memiliki nama latin oryza sativa. Beras ini hadir dalam beberapa varietas dengan beberapa bentuk, ukuran, tekstur dan juga rasa yang unik. Beras adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, jadi tidak heran jika harga beras ini memiliki begitu banyak jenis yang berbeda. 

Jenis Beras

  • Beras aborio

Beras ini adalah beras yang memiliki lebih banyak kandungan pati dibandinkan dengan beberapa jenis beras lainnya, ketika kalian memasaknya cenderung menghasilkan risotto yang kental dan juga enak. Namun begitu kita memasaknya tekstur dari beras yang satu ini akan masih agak keras.

  • Beras basmati

Beras ini adalah beras panjang yang berasal dari india. Bijibijian ini memiliki arma yang sangat wangi, kadang-kadang beras ini juga dikira sebagai beras melati/jasmine. 

  • Beras hitam

Beras ini mengandung antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin, yang mengubah beras ini menjadi beras berwarna hitam. Antioksidan yang terkandung pada beras ini adalah antioksidan yang sama dengan antioksidan yang terkandung dalam buah blueberry dan juga blackberry.

  • Beras melati/jasmine

Beras ini sangat aromatic, sedikit lebih wangi dari beras basmati, beras ini merupakan salah satu beras yang berasal dari Thailand. Beras ini merupakan gandum yang lebih pendek dari pada beras basmati, tetapi mereka dapat digunakan secara bergantian. 

  • Beras merah

Beras merah adalah salah satu jenis beras yang sudah tidak asing di Indonesia, bahkan beras ini sering disebut merupakan varietas beras yang lebih baik dibandingkan dengan beras putih biasa. Hal tersebut memang benar karena beras merah ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dnegan nasi putih. Nutrisi yang terkandung pada beras merah yaitu adalah fosfor, magnesium dan juga kalium. Dan kelebihan lain dari beras merah yaitu memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih.

  • Beras pratanak

Nasi pratanak diproses berbeda dari nasi putih biasa dan juga beras biasa. Beras biasanya dimasak dan direndam ataupun dikukus. Kemudian beras dikeringkan, kemudian dikemas. Karena proses ini membuat beras ini memiliki lebih banyak nutrisi seperti kalium dan vitamin b. dan beras ini memiliki tekstur yang sedikit lebih keras dibandingkan dengan beras biasa. 

  • Beras ketan

beras ketan mengandung lebih sedikit amilosa daripada jenis beras lain yang menyebabkan biji-bijian saling menempel. Ini adalah nasi manis yang digunakan di banyak hidangan Asia, termasuk makanan penutup. Anda bisa merebusnya atau mengukusnya, tetapi Anda juga bisa memasak seperti nasi biasa. 

  • Beras sushi

Ini adalah beras putih ketan butiran pendek (seperti ketan atau beras Calrose) yang dikombinasikan dengan cuka beras dan kemudian didinginkan untuk digulung dalam sushi. Kadang-kadang, Anda dapat menemukannya dikemas dan diberi label sebagai “nasi sushi.”

  • Beras Valencia

Dinamai berdasarkan wilayah yang biasa ditanam, Valencia, Spanyol. Beras Valencia terkenal karena membuat paella. Butirnya pendek dan bulat. Anda mungkin juga mendengarnya disebut sebagai nasi bomba. Ini memiliki kekuatan super dalam arti menyerap lebih banyak air, dan karena itu menyerap lebih banyak rasa daripada banyak jenis beras lainnya.

Itulah beberapa jenis beras dari belahan dunia, beberapa beras memang sudah tidak asing di dengar oleh kita. Tapi beras yang lainnya memang masih terdengar asing. Semoga artikel ini bisa memperluas ilmu kalian yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.